LAPORAN KULIAH LAPANGAN
SUSU TAHU LEMBANG DAN C59
KETUA KELOMPOK :
· ICHWANUL ICHSAN
ANGGOTA KELOMPOK :
· ANNISA AMALIA A 40211951
· DIAH HAPSARI 42211011
· EFINAWAWI ANASTASIA 48211497
· MUHAMMAD LUGY L 44211901
· REZA SYIFULLAH 46211065
· RINA DANIARTI
· YOSUA ARISE PROGRES 47211589
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas Tuhan yang Maha Esa bahwa dalam pembuatan makalah yang dimana makalah ini berupa laporan hasil kegiatan Praktek Kuliah Lapangan ( PKL ) telah disusun sesuai dengan waktu yang diharapkan.
Dalam meyusun laporan ini, mahasiswa dapat mempelajari, dan mengkaji suatu dalam berwirausaha. Yang terpenting dalam laporan ini adalah bagaimana seluruh mahasiswa menumbuhkan, dan membangkitkan mahasiswa dalam berwirausaha. Makalah ini berupaya untuk menumbuh kembangkan minat, dan bakat mahasiswa yang beragam sesuai dengan latar belakang potensi diri agar dapat mandiri, kompeten, dan selalu eksis disetiap berwirausaha.
Kepada mahasiswa marilah kita membiasakan berwatak baik untuk membentuk mental bangsa yang baik dengan jalan menumbuhkan minat berwirausaha yang tinggi dan selalu menghindar dari perbuatan yang tidak jujur seperti korupsi dan berbagainya. Usahakan selalu sabar dan jujur, karena kesabaran itu akan membentuk watak yang berprinsip, yaitu menjunjung tinggi dan menghargai proses, sedangkan kejujuran sama dengan mata uang yang berlaku dimana-mana.
Walaupun penyusun dalam laporan hasil Praktek Kuliah Lapangan ( PKL ) ini sangat jauh dari harapan mahasiswa pada umumnya dan Bapak / Ibu dosen khususnya, penyusun berharap Laporan hasil PKL ini dapat bermanfaat, membantu atau sedikit menambah tugas bagi mahasiswa.
Demikianlah laporan kegiatan PKL. Semoga bermanfaat dan segala kekurangan dan kelemahan dalam laporan ini diharapkan menjadi pengalaman bagi penyusun.
Tim penyusun mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang bersangkutan dalam pembuatan laporan ini.
Depok, Februari 2012-02-23
penyusun
DAFTAR ISI
Tim Penyusun
Kata pengantar
Daftar isi
Pendahuluan
v Latar Belakang
v Tujuan Kegiatan
v Jadwal / Rincian kegiatan
Laporan Hasil Kunjungan *)
*) Isi laporan hasil kunjungan harus berisi mengenai ( dapat tidak berurutan ) :
v Profil/Sejarah Perusahaan
v Visi Misi Perusahaan
v Loksi Usaha
v Kapasitas Produksi
v Teknologi yang digunakan
v Kendala produksi
v Cara pemasaran
v Perkembangan pemasaran
v Luas area distribusi
v Pemasarannya tersebar dimana saja
v Kendala pemasaran
v Perkembangan omset
v Jumlah karyawan
v Kendala umum usaha
v Kiat – kiat perusahaan
Lampiran
v Foto selama kegiatan min 10 mak 12 disertai keterangan dari masing – masing foto
v Ide usaha baru, ceritakan ide usaha saudara setelah mengikuti kuliah lapangan ( 3 – 7 hal )
Kesimpulan dan Saran
PENDAHULUAN
Latar Belakang Kuliah Lapangan
Demi menjadikan mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam menjalankan bisnis usaha, Universitas Gundarma mengadakan kuliah lapangan, yaitu semua mahasiswa melakukan kegiatan presentasi dan observasi yang diselenggarakan kota Bandung terutama pada Perusahaan Tahu Susu Lembang dan C59.
Tujuan kegiatan
1. Memperoleh informasi yang lebih terperinci dalam berwirausaha
2. Memperoleh masukan yang dapat dipertimbangkan dalam pengambilan kebijakan agar lebih efektif dalam berwirausaha
3. Memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam berwirausaha
Jadwal / Rincian Kegiatan
Waktu | Kegiatan | Tujuan \ Lokasi | Rincian | Dsitribusi Kelompok | |
05.00-05.30 | Berangkat dari Kampus D Margonda | Tahu Susu Lembang | Berangkat tepat Jam 05.30, bagi yang terlambat akan ditinggal | Semua kelompok | |
06.40-07.00 | Bertemu Rombongan Bekasi / Kalimalang | Point KM 54 | Pertukaran Panitia *) | Semua kelompok mahasiswa tetap pada bus yang sudah ditentukan | |
09.00-11.00 | Tiba Di tahu Susu Lembang | Tahu Susu Lembang | Presentasi semua kelompok dilapangan/ aula ( 15 Menit) | Shift 1 : Kel. 1 s/d 5 | |
11.00-13.00 | Presentasi dan Observasi | Shift 2 : Kel. 6 s/d 10 | |||
Shift 3 : Kel 11 s/d 15 | |||||
13.00-13.10 | Berangkat dari Tahu Susu Lembang | C59 Bandung | - | Semua Kelompok | |
14.15 | Sampai Ke C59 | C59 Bandung | Presentasi Semua Kelompok dilapangan/aula (15 Menit) | Semua Kelompok | |
14.15-15.30 | Presentasi dan Observasi | Kel. 1 s/d 7 ke Produksi Awal | |||
Kel. 8 s/d 15 ke Produksi Akhir | |||||
16.00-16.30 | Menuju Ke Wisata | Bali Heaven | Wisata belanja dan Kuliner | Semua Kelompok | |
18.30-18.45 | Berangkat Ke Jakarta | Semua Kelompok | |||
21.00-21.30 | Tiba Di Jakarta | Semua Kelompok | |||
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
TAHU SUSU LEMBANG
· PROFIL PERUSAHAAN
Lembang, kota sejuk di pegunungan, berjarak 16 km dari Kota Bandung. Pagi penggemar wisata alam, pelancong ibu kota, pasti cukup menggenal Kota Lembang dengan sejuta pesonanya. Terhampar pemandangan alam nan indah, kesejukan udara, dan berbagai wahana hiburan untuk anak-anak bermain di alam, seperti outbond, kebun strawberi, dan lain sebagainya. Bagi penikmat kuliner pun tak ketinggalan, berbagai olahan khas tataran parahyangan banyak dijumpai disini. Berbagai obyek wisata tersebut menjadikan Kota Lembang dipenuhi gedung-gedung, baik berupa hotel, villa, penginapan, dan tempat singgah yang asri nan indah.
Bagi anda penggemar kuliner, dan bila sudah pernah menginjakkan kaki dan menghirup segarnya alam Lembang, tentunya tak asing lagi jajanan yang satu ini, yakni Tahu Susu Lembang. Ya, diproduksi pertama kali pada tahun 2006, hingga kini telah berkembang menjadi empat kuliner "wajib" bila Anda berada di KoTa Lambang, berada tepat setelah pintu gerbang ucapan selamat datang di Kota Lembang dari arah Bandung, dengan menempati areal cukup luas. Sehingga memngkinkan untuk kendaraan kecil maupun besar, seperti bus, untuk masuk di dalamnya. Tahu Susu Lembang, bergitu namanya, seperti tahu pada umumnya diolah dan diproduksi. Perbedaannya terletak pada campuran, yaitu dengan memadukan murninya susu sapi sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda pada tahu lembang.
Di tempat ini, tahu susu lembang diproduksi, sekaligus dipasarkan dan diolah berbagai masakan khas tahu. Anda dapat merasakan dan menikmatinya sesuai selera, seperti Batagor, Kupat Tahu Susu, Gorengan Tahu, Siomay Tahu Susu, dan berbagai macam olahan lainnya, khususnya khas tanah pasundan. Jadi, bila Anda mengisi waktu liburan dan senang berburu kuliner, tentunya tidak melewati kenikmatan tahu susu lembang ini.
· VISI DAN MISI
Visi
1. Menciptakan variasi baru yang berbeda dengan tahu-tahu lainnya.
2. Melestarikan budaya indonesia agar tidak gengsi makan tahu.
Misi
1. Pemilik setiap tahun memberikan inovasi-inovasi yang selalu berbeda .
2. Pemilik dan karyawan berusaha menciptakan rasa dan pelayanan yang lebih menarik agar pembeli tidak lari ke tempat lain .
· LOKASI USAHA
Berjalan-jalan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, wisatawan akan merasakan sejuknya udara. Bila hendak beristirahat sejenak, mereka bisa menikmati susu murni Lembang yang sudah terkenal itu. Jalur menuju Lembang dari Kota Bandung yaitu melalui Jalan Setiabudhi. Mendekati Hotel Grand Lembang, dari kejauhan, tampak sebuah stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU). Warna bangunannya merah dan putih. Selain itu, berdiri papan vertikal yang biasanya menjadi media untuk mencantumkan daftar bahan bakar minyak (BBM).
Namun, setelah dimasuki, tampaklah bahwa di tempat itu pengemudi tak dapat mengisi bahan bakar. Lho? Setelah diamati, pada papan vertikal tadi juga tidak dicantumkan daftar BBM tetapi berbagai tulisan seperti drive thru tahu, rest area, toilet, pasar oleh-oleh, dan lain-lain. Ternyata, bangunan itu adalah tempat penjualan tahu. Sistemnya adalah drive thru , artinya para pengemudi tak perlu turun dari kendaraan. Mereka dapat terus melaju, melanjutkan perjalanan setelah membeli tahu dari sepeda motor atau jendela mobilnya. Tak dapat dipungkiri, sejumlah pengendara telah terkecoh ketika melihat tempat yang menjadi bagian kompleks bernama Wisata Tahu Lembang itu.
Supervisor Operasional Wisata Tahu Lembang Dede Arif mengakui, sebagian wisatawan keliru mengira tempat itu adalah SPBU. Pengendara biasanya membeli juga tahu yang dijajakan. Masyarakat biasa menyebut SPBU sebagai pom bensin.
“Nah, tempat penjualan tahu drive thru itu dinamakan pom tahu. Pom tahu sendiri adalah singkatan dari pusat orang makan tahu,” katanya.
Wisata Tahu Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 177, itu sudah beroperasi sejak 7 Desember 2008. Dede mengatakan, tahu dijual dalam paket. Tahu matang dijual Rp 10.000 per 12 potong. Selain itu, dijual tahu mentah dengan ukuran lebih besar seharga Rp 12.500 per 10 potong.
· KAPASITAS PRODUKSI
Setiap hari, TSL memproduksi tahunya di tempat. Jumlah produksinya sangat relatif, antara 5 ribu (hari biasa) hingga 20 ribu (hari libur) tahu. Harga yang ditetapkan yaitu Rp 10 ribu untuk tahu goreng/10 pcs, tahu bungkus, atau tahu bantal/5 pcs, dan Rp 15 ribu untuk tahu cetak atau takus/10 pcs. Akan tetapi, karena terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet, maka tahu susu ini hanya tahan selama 2 hari setelah produksi.
· TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN
Perusahaan ini tidak menggunakan peralatan yang modern , perusahaan ini masih mengandalkan alat-alat tradisional , contohnya seperti :
· Tong pencucian kedelai
· Mesin giling
· Tunku perebusan kedelai
· Tong kayu
· Saringan besar dan kecil
· Serok cetak
· Cetakan
· Kayu pengaduk
· Tangok
· Kain saringan
· Kain cetakan
· Tampir.
· KENDALA PRODUKSI
Mungkin yang menjadi kendala produksi pada Tahu Susu Lembang adalah bahan-bahan pokok untuk membuat tahu tersebut, karena tahu tersebut menggunakan banyak susu sapi, memang sangat mudah mendapatkan susu sapi didaerah ini, namun pasti ada saja stok susu yang kemungkinan saja akan habis. Yang kedua mungkin dari pembuatannya , karena tahu susu ini murni tidak menggunakan pengawet, jadi tahu susu ini tidak akan bertahan sangat lama.
· CARA PEMASARAN
Tahu Susu Lembang yang kini populer sebagai oleh-oleh khas Bandung memang sudah populer sejak beberapa tahun ini. Meski begitu, masih banyak yang dibuat penasaran dengan tahu yang bertekstur halus lembut ini. Hmm... apa sih sebenarnya yang membuat tahu ini jadi begitu istimewa.
Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini populer sejak awal tahun 2009 silam. Pertama kali tahu susu Lembang dijual di sebuah tempat yang sering disebut POM alias Pusat Orang Makan tahu. Karena bentuk tempatnya dari depan mirip sebuah SPBU. Selain tempat menjual tahu susu Lembang di tempat ini juga terdapat beberapa penjual makanan lainnya. Tahu susu ini juga lebih sehat karena dibuat secara tradisional dan tidak memakai bahan pengawet. Oleh karena itu dalam suhu udara terbuka, tahu susu hanya bertahan hingga 2 hari saja dan maksimal 3 hari jika disimpan di kulkas.
Tahu susu ini dijual dalam dua varian yaitu tahu putih dan tahu kuning. Bentuknya ada yang berupa tahu cetak atau 'takus' dan tahu panjang dengan bentuk memanjang. Harga tahu susu Lembang ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000,00 - Rp 25.000,00 per 10 buah. Karena sudah cukup populer, penjual tahu susu tidak hanya bisa dijumpai di jalan raya Lembang tetapi juga di sepanjang jalan Setiabudi, Bandung.
· PERKEMBANGAN PEMASARAN
Dalam hal ini cara dari mereka untuk memperkenalkan produk sama seperti yang lain salah satunya dengan mengikuti bazar, membangun toko/outlet sendiri, dll.Tapi, dengan perkembangan jaman yang kini semakin memudahkan para konsumen mereka menggunakan hal itu misal Online shop, promo melalui jejaring sosial.
· LUAS AREA
Tahu Susu Lembang, SPBU Pengisian Perut
Berlokasi di Lembang, tempat ini berdiri sejak Desember 2008, luas tempat sekitar 2 hektar. Bukan hanya menjual tahu yang dapat dibeli melalui drive-thru saja, terdapat juga makanan-makanan tradisional lainnya. Selain itu, pengunjung pun dapat melihat proses pembuatan tahu, dari awal hingga pengemasan.
Selain itu, tahu yang dijual di tempat ini berbeda dengan tahu pada umumnya, selain berbahan dasar kedelai, tahu ini juga menggunakan campuran susu sapi segar dalam olahannya, karenan itulah tahu ini terasa lembut jika dimakan, tahu ini juga dikenal dengan nama Tahu Susu Lembang.
Tahu Susu Lembang tidak hanya memiliki tahu sebagai andalannya, tempat ini sendiri juga dirancang sebagai wahana rekreasi keluarga dengan berbagai macam fasilitas hiburan yang dapat mengakomodasi semua itu. Permainan di tempat ini juga terhindar dari kesan monoton, karena setiap tiga bulan sekali diadakan evaluasi untuk memuaskan keinginan pelanggan. Tahu Susu Lembang buka di hari biasa mulai dari pukul 09.00 – 20.00 WIB dan di hari libur mulai dari 09.00 – 22.00 WIB.
· PEMASARANA TERSEBAR DIMANA SAJA
Mungkin kebanyakan perusahaan makanan membuka banyak cabang apabila sudah menjadi perbincangan masyarakat karena pelayanannya yang baik atau pun makanannya yang sangat lezat. Tetapi berbeda dengan perusahaan Tahu Susu Lembang ini, perusahaan ini tidak membuka cabang dimana pun, hanya di satu tempat perusahaan ini ada yaitu di Jalan Raya Lembang Nomor 177, karena perusahaan ini ingin lebih mengembangkan lagi rasa ataupun keunikan dari Tahu Susu ini dan yang pasti mereka tidak mau hasil karyanya ditiru oleh orang yang tidak bertanggung jawab, seperti contohnya tahu sumedang, sudah banyak kita temukan tahu sumedang dimana saja, karena sudah banyak orang yang bisa memproduksi tahu ini.
· KENDALA PEMASARAN
Mungkin kebanyakan perusahaan makanan membuka banyak cabang apabila sudah menjadi perbincangan masyarakat karena pelayanannya yang baik atau pun makanannya yang sangat lezat. Tetapi berbeda dengan perusahaan Tahu Susu Lembang ini, perusahaan ini tidak membuka cabang dimana pun, hanya di satu tempat perusahaan ini ada yaitu di Jalan Raya Lembang Nomor 177, karena perusahaan ini ingin lebih mengembangkan lagi rasa ataupun keunikan dari Tahu Susu ini dan yang pasti mereka tidak mau hasil karyanya ditiru oleh orang yang tidak bertanggung jawab, seperti contohnya tahu sumedang, sudah banyak kita temukan tahu sumedang dimana saja, karena sudah banyak orang yang bisa memproduksi tahu ini.
· PERKEMBANGAN OMSET
Berbicara tentang sebuah perusahaan makanan kurang lengkap apabila tidak membicarakan omset perusahaan tersebut, apalagi sebuah perusahaan seperti Tahu Susu Lembang yang sudah terkenal di Bandung ini. Salah satu kelompok dari kami menanyakan ke salah satu karyawan Tahu Susu Lembang dan ternyata jawabannya sangat fantastis berkisar 200-230 juta / bulan, mungkin bisa dibilang sangat membingungkan untuk perusahaan yang menjual tahu ini.
· JUMLAH KARYAWAN
Sebuah perusahaan pasti mempunyai banyak karyawan, apalagi perusahaan yang sudah terkenal seperti Tahu Susu Lembang ini, pada perusahaan ini terdapat jumlah karyawan yang sangat banyak. Namun tidak semua dipekerjakan ditempat produksi Tahu Susu Lembang ini, yang terdapat ditempat ini hanya berkisar 40 karyawan. Namun apabila dijumlahkan semua, mungkin sekitar 70 karyawan, ujar salah satu karyawan Tahu Susu Lembang.
· KENDALA UMUM USAHA
Kendala pemasaran yang mungkin dihadapi oleh perusahaan ini adalah seperti complain dari pelanggan yang mungkin merasa tidak puas dengan rasa Tahu Susu ini, dan yang menjadi kendala paling parah adalah bisa saja ada orang yang tidak bertanggung jawab meniru dengan sengaja produk perusahaan yang sudah hampir terkenal ini .
· KIAT-KIAT PERUSAHAAN
Tahu Susu Lembang merupakan salah objek wisata dan kuliner di Kota Lembang. Berlokasi di Jl. Raya Lembang Nomor 177. Objek ini sudah berdiri sejak tahun Desember 2008. Mengapa disebut tahu susu ? Karena dalam proses produksinya tahu ini dicampur dengan susu murni. Selain susu juga ditambahkan margarin ke dalam campuran. Sehingga tahu ini memberikan cita rasa khas dari susu dan kelembutan margarin.
Tahu Susu Lembang merupakan sebuah kompleks wisata. Di dalamnya terdapat berbagai kios dan arena bermain. Objek utamanya adalah food court di bagian belakang di mana terdapat berbagai gerai yang menjual tahu olahan, mulai dari tahu goreng, tahu mendoan, susu kedelai, dsb. Selain food court juga dapat ditemukan berbagai kios-kios dalam bangunan terpisah. Kios ini menjual jajanan, oleh-oleh, bahkan ada factory outlet di bagian depan.
- Area masuk food court -
- Area food court -
Salah satu objek yang menarik adalah pabrik tahu susu yang berada satu atap dengan area food court. Jalan masuk menuju area pabrik ini begitu lebar, sehingga dari area food court pabrik tahu susu ini dapat terlihat jelas. Dinding luar pabrik ini berupa jendela-jendela kaca berukuran besar, sehingga dari luar pabrik ini dapat terlihat jelas. Memang pabrik tahu susu ini sengaja dibuka untuk umum sebagai salah satu wahana wisata untuk melihat bagaimana proses produksi tahu dikerjakan.
- Tahapan pembuatan tahu susu -
Melalui pintu utama kita dapat melihat area pabrik tahu susu yang seluas kurang lebih 120 m2. Di samping pintu utama terdapat papan tulis yang menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan tahu. Kemudian terdapat juga sebuah meja yang menampilkan bahan-bahan yang digunakan dalam produksi. Sebagai bonus kita bahkan bisa mencoba tahu rebus yang tersedia secara cuma-cuma. Di langit-langit pabrik banyak terdapat papan-papan nama bergantungan. Papan-papan ini bertuliskan nomor urutan dan nama stasiun pemrosesan tahu. Saat kita masuk lebih ke dalam kita dapat melihat berbagai tungku dan panci berukuran besar yang digunakan untuk merebus kedelai dan mencampur bahan baku. Yang paling jelas terlihat adalah proses pemotongan tahu. Tahu yang baru saja dicetak masih berukuran selebar loyang dan bentuknya menyerupai kasur. Tahu loyang ini dipindahkan ke atas meja kemudian dipotong pada tepi-tepinya. Tahu ini ada 2 macam, yaitu tahu putih dan tahu kuning. Untuk tahu kuning, tahu selanjutnya direbus ke dalam air yang telah dicampur kunir, sehingga kulit tahu ini akan berubah kuning setelah dimasak.
- Proses pemotongan tahu susu –
- Bahan baku pembuatan tahu susu -
Yang menarik dari pabrik tahu susu ini adalah baunya. Pabrik tahu sering dikenal menghasilkan bau yang menyengat dari ampas tahu yang dihasilkan. Bahkan terkadang bau ini tercium dari jauh dari luar pabrik. Namun saat kita menjejakkan kaki ke dalam area pabrik tahu susu ini, bau busuk tersebut tidak tercium. Memang menurut pihak pengelola, pabrik tahu susu ini menerapkan suatu penanganan khusus terhadap ampas tahu. Ampas tahu dari sisa perebusan ini langsung dipindahkan dari area pabrik. Selain pabrik ini juga sangat menjaga kebersihan, terlihat dari area pabrik yang sangat minim dari genangan air atau becek. Dapat terlihat bahwa pabrik tahu susu ini berusaha untuk menjaga kenyamanan bagi para pengunjung pabriknya.
Profil Sejarah Perusahaan C59
Di tahun 1980 dari gang kecil bernama Caladi nomor 59 di Bandung, Mas Wiwid memulai bisnis sablon kaos yang memenuhi pesanan sekolah atau kantor. Bahkan di Bali jika kita ingat Tony Tantra dengan desain-desain kaosnya yang hebat itu ternyata pada periode tertentu di tahun 90an dicetak oleh C59.
Perjalanan menapaki waktu membuat C59 berkembang dalam bisnis yang kemudian menjadi brand C59 yang banyak berinovasi dalam teknik dan desain. Kini C59 bukan sekadar brand t-shirt yang sohor, mas Wiwid yang menjadi pemilik sekaligus otak kreatifnya banyak mendapat penghargaan selaku entrepreneur dan sekarang aktif menjadi mentor bagi entrepreneur baik di kampus maupun ajang pelatihan dan seminar bahkan bukan saja bagi anak muda tetapi bagi mereka yang memasuki masa pensiun dan bukan saja di Indonesia tetapi di Jepang.
Pengalamannya merintis C59 dan perjalanannya meraih sukses adalah kitab dengan halaman-halaman nilai penuh makna yang dapat dibagi dengan mereka yang serius memilih jalan hidupnya menjadi seorang entrepreneur. Lewat kaos oblong Mas Wiwid C59 telah memasuki dunianya yang dinamis. Hal ini yang akan dibagi dalam workshop Creative Entrepreneur yang diselenggarakan oleh Bali Creative Community pada tanggal 25 April 2009 di Museum Bali. Mas Wiwid bukan hanya akan membagi kisah sukses tetapi trik-trik dan bagaimana menghadapi rintangan yang menghadang ketika berupaya mensukseskan usahanya sehingga pada intinya peserta agar dapat lebih baik lagi ketika menjalankan bisnisnya saat ini.
Visi Dan misi Perusahaan
Visi dan Misi dari C59 yang tertulis di situs www.c59.com adalah
sebagai clothing yang menyediakan produk-produk untuk semua
umur dan memiliki kualitas yang baik. Adapun misi C59 adalah
produk C59 dapat diterima oleh masyarakat dan C59 dapat dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan pesaingnya.
Lokasi Usaha
· Alamat Store pusat C59 adalah di Jalan Merak No. 2
Bandung. Telepon kantor pusatnya 022-2507225 dan fax
022- 2507226.
· Alamat Tempat Produksi (Pabrik) adalah di Jalan Cigadung
Raya No.107 Bandung.
· Alamat tempat pemesanan T-shirt Custom Made di Jalan Djunjunan, Pasteur Bandung.
Kapasitas Produksi
Dalam sebulan, produsen C59 dapat memproduksi sekitar 60 ribu pieces kaos, dengan rata – rata jumlah permintaan sekitar 40 ribu pieces, dan harga yang ditawarkan adalah Rp60 ribu / pieces. Jika digambarkan dalam bentuk kurva maka harga keseimbangan akan dicapai pada harga Rp60 ribu dan kuantitas barang sebanyak 40 ribu pieces . Oleh karena itu permintaan konsumen dapat terpenuhi . Untuk menghindari kenaikan harga kaos penjualan di setiap distro pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi. Pemerintah menetapkan harga sebesar Rp 50000 , maka dampak dari penetapan harga eceran tertinggi itu adalah terjadinya shortage,karena dengan menurunnya harga kaos tersebut otomais jumlah permintaaan pun akan meningkat , namun kapasitas produksi hanya mencapai 60.000 pieces/bulan . Oleh karena itu akan terjadi kekurangan kuantitas untuk memenuhi permintaan konsumen . Tetapi pada kenyataannya , produsen C59 dapat memenuhi jumlah permintaan konsumen , sehingga terjadi surplus barang . Untuk menangani surplus tersebut produsen C59 pun melakukan ekspor barang ke berbagai Negara , tidak hanya pasar lokal tapi pasar internasional.
Proses Produksi
1. POTONG
Proses potong merupakan proses pertama yg dilakukan, dalam proses ini keterangan pada lembar kerja di realisasikan ke dalam bentuk potongan kaos sesuai dengan model yang di minta. Jumlah potongan yang dapat dihasilkan dalam sehari kurang lebih 2500 potong untuk oblong biasa (sport/reglan). Tata cara yang biasa dilakukan oleh operator potong sebelum kain tersebut di potong adalah sebagai berikut:
1. Memeriksa lembar perintah kerja potong, yang bertujuan untuk mempersiapkan jenis bahan/kain yang di potong sesuai dengan permintaan.
2. Bahan yang sudah di siapkan tersebut, dihampar pada meja potong sampai dengan jumlah potongan yang diminta
3. Di pola, yaitu bahan tersebut di gambar model nya di atas kain yang paling atas dengan memakai sejenis kapur.
4. Cutting, yaitu bahan yang sudah di pola tersebut di potong mengikuti pola yang sudah ada.
5. Bahan yang sudah di potong dipisah-pisah sesuai keterangan warna bahan per order, karena pada saat memotong bisa terdiri daribeberapa order. Bahan tersebut selanjutnya diberi kode dengan menempelkan nomor order pada selembar kertas di ujung ikatan kain, supaya tidak tercampur.
2. SORTIR
Tujuan dari proses sortir ini adalah untuk menghindari adanya cacat kain, sebelum bahan tersebut di sablon baik berupa goresan maupun lubang-lubang, juga untuk lebih memudahkan bagian sablon dalam proses printing, karena di bagian sortir badan kain yang akan di sablon sudah dipisah sesuai keterangan pada LEMBAR KERJA ORDER.
3. GAMBAR
Dari sekian yang ada nampaknya bagian ini yang paling vital, karena didalamnya terdapat beberapa unsur yang sangat berhubungan dengan bagian yang lainnya, mulai dari afdruk, stel, sablon serta keindahan dari gambar yang di hasilkan. Waktu yang diperlukan untuk bagian ini dalam kondisi normal adalah 2-3 hari.
4. AFDRUK
Untuk gambar yang sudah menjadi klise berarti sudah siap untuk di afdruk, klise tersebut harusdi sortir
dahulu yang bertujuan untuk menentukan ukuran screen yang akan di pakai.
Penentuan ukuran screen ini di sesuaikan dengan besarnya gambar yang akan di cetak.
Dalam proses afdruk ada beberapa tahap yang harus di tembuh sebelum screen siap di stel, diantaranya:
-Penyortiran gambar(seperti di uraian di atas)
-Pemolesan screen dengan SUPER-X yang bertujuan agar gambar dari klise yang akan di afdruk bisa keluar, teta[l terlebih dahulu harus di keringkan lagi setelah proses pemolesan tersebut. -Penyinaran, yang bertujuan menyinari screen yang sudah di tempeli dengan klise agar gambarnya bisa keluar/ ada dalam screen.
-Penyemprotan, dalam tahap ini screen yang sudah selesai disinari disemprot dengan air agar partikel-partikel screen(monil) dapat lepas sehingga membentuk gambar seperti pada klise. Dalam proses ini operator harus berhati-hati supaya screen tidak sampai jebol/rusak.
-Pengeringan sekaligus penambalan. Screen yang masih dalam keadaan basah setelah di semprot di jemur/di oven agar cepat kering, yang selanjutnya screen tersebut di tambal dengan sejenis obat yang berguna mentup screen yang bocor dan bila mana proses tersebut sudah selesai berarti sudah siap untuk di stel.
5. STEL
Tujuan dari proses ini agar ganbar yang di sablon letak gambarnya bisa pas antara tiap warna, karnena dalam satu gambar bisa terdiri dari beberapa warna. Cara yang biasa dilakukan biasanya dengan mencoba menyablonnya pada selembar kain putih agar hasil sablonnya bisa lebihjelas kelihatan. Kemudian tiap screen ya g akan di stel posisi gambarnya di buat pas dengan gambarpada kain tersebut. Kapasitas stel normal sehari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB adalah 24 order. Waktu yang di perlukan proses ini l(satu)hari dalam kondisi normal.
6. SABLON
Proses ini dapat terlaksana bila didukung oleh 3 faktor yaitu bahan yang akan di sablon, obat,dan screen yang sudah di stel. Untuk setiap operator sablon didampingi oleh dua orang pembantu/knek, bila mana satu knek atau sebaliknya tidak hadir, proses tersebut tidak bisa jalan, sehingga kerjasama dan kekompakan sangat perlu pada bagian ini, mengingat system kerjanyaTEAMWORK. Kapasitas normal untuk bagian sablon per hari dapat mencapai 8.000 potong, sudah termasuk TS(tanpa sambungan) untuk interval waktu 24 jam
7. PRESS/SETERIKA
Pada tahap ini bahan yang sudah di sablon hams di press terlebih dahulu agar hasil sablonnya lebih bisa tahan lama dan tidak bau obat/cat sablon. Dalam proses ini nampaknya tidak terlalu banyak kendala yang berarti dan waktu yang diperlukan adalah l(satu) hari dengan kapasitas perhari mencapai 3.000-4.000 potong.
8. JAHIT/OBRAS
Bahan/kain yang sudah di sablon di sambung agar menjadi kaos yang sudah jadi(siap pakai). Perlu diketahui sebelum di obras kain yang siap tersebut dicocokkan dahulu kode bahannya, karena untuk setiap pemotongan bahan, warna kainnya tidak bisa samaftidak matching) baru setelah itu di bagikan ke operator obras/ jahit. Kemampuan rata-rata dari setiap operator obras dalam sehari, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB adalah 125 potong.
Kemempuan rata-rata dari setiap operator zoom dalam sehari, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB adalah 450 potong. Kemampuan rata-rata dari setiap operato tindes dalam sehari, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB adalah 450 potong.
Jadi yang dimaksud dengan kapasitas normal untuk bagian obras/jahit ini adalah 1.800 potong per hari untuk oblong sport/raglan. Waktu yang diperlukan pada proses ini adala 2(dua)hari dalam kondisi normal, sedangkan untuk oblong krag, oblong model V dan sport tennis dapat memakan waktu yang . lebih lama pengerjaannya dari pada oblong biasa.
9. FINISHING
Tujuan dari proses ini adalah untuk membersihkan kaos /oblong dari benang atu pun kotor-kotor yang masih bisa di bersikan dan untuk merapihkan kaos/oblong tersebut dilipat untuk selanjutnya dimasukan kedalam plastic seal sampai dengan siap paket/kirim.
10. PAKET
Paket ini merupakan proses paling akhir dari rangkaian proses produksi yang ada, dan barang yang sudah packing dari bagian finishing dikirim ke setiap cabang dengan cara di kirim langsung oleh bagian ekspedisi/paket atau bisa dengan melalui jasa pengiriman .
Cara pemasaran
proses pelaksanaan kegiatan saluran distribusi pada PT. Caladi Lima Sembilan (C59) dilakukan dengan distribusi yang selektif dimana menggunakan lebih dari satu perantara penjualan dan pemilihan anggota saluran atau perantara dengan cara yang lebih ketat dan disaring untuk mencari yang terbaik, selain itu kegiatan saluran dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Pemasaran Order dimana aktifitas produksi dilakukan sesuai pesanan / push production. Pesanan produk perusahaan seperti pembuatan produk t-shirt, polo shirt, jacket, sweater, training suit, celana, kemeja, rompi, topi, tas, dompet, mug, paying, gantungan kunci, asbak, ballpoint, sticker, spanduk, banner, baliho, bendera, pin, dan assesoris – assesoris lainnya dengan desai dari pemesan. Dan yang paling penting C59 dapat memberikan konsultasi desain plus aplikasi untuk : logo perusahaan, desain event / premium item, point of sales material (POSM) (umbul – umbul, baliho, spanduk, dll). Penerima pesanan mempertimbangkan jumlah order minimum untuk setiap produk. Bahan dan jenis produk yang dipesan, desain gambar, banyaknya warna yang diinginkan, dan jenis bahan sablon yang digunakan. Semua ini mempengaruhi lama waktu pembuatan dan harga jual.
2. Pemasaran retai atau eceran perusahaan memproduksi t-shirt printing, jaket, polo shirt, kemeja, dan menjualnya secara eceran melalui showroom dan outlet yang ada dengan desain diciptakan oleh perusahaab sendiri. Desain yang ada pada dasarnya mengikuti selera konsumen. Kelengkapan desain itu berdasarkan pertimbangan bahwa setiap orang mempunyai preferensi hidup yang berbeda – beda dan dengan tema yang cukup lengkap diharapkan produk yang ditawarkan C59 dapat menjaring semua kelompok pembeli.
Luas Area Distribusi
Perkembangan C59 dari waktu ke waktu menunjukan hasil yang makin baik, ini bias dilihat bahwa saat ini produknya ditawarkan melalui 22 showroom dan lebih dari 250 outlet di seluruh Indonesia. Distributor produknya tersebar mulai dari Medan sampai ke Ujung Pandang, sebagai persiapan menghadapi perdagangan bebas yang akan dating, C59 juga sudah menjalin hubungan perdagangan dengan pihak luar negeri, hal ini dibuktikan dengan makin tingginya nilai ekspor yang dicapai setiap tahun nya. Ekspor yang sudah dilakuakan antara lain ke Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, Jerman, Inggris, Cheko, Slovakia, Amerika, Prancis dan Jepang.
LAMPIRAN
Lampiran
· Foto selama kegiatan kuliah lapangan
· Ide usaha baru,
BOUTIQUE SHOP
“Tema : Mengidentifikasi Kesempatan Berbisnis dan Berusaha.”
Banyak sekali usaha butik dengan segala macam target market namun sering sekali kita lihat butik yang target market nya tidak fokus, semua barang dijual, dekorasi yang asal-asalan, dan sering tidak cocok dengan lokasi dan target marketnya. Barang untuk perempuan dicampur dengan barang bayi, baju anak-anak dicampur jualan lingerie. Beberapa target market dapat ditentukan dari :
1. Gender (laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi)
2. Sosial ekonomi pelanggan
3. Umur target market
1. Gender (laki-laki, perempuan, anak-anak dan bayi)
2. Sosial ekonomi pelanggan
3. Umur target market
A. GAMBARAN UMUM USAHA
Produk yang dijual dalam paket usaha ini mempunyai berbagai tema antara lain:
· Classic Travel and Business Collections adalah koleksi yang ditujukan bagi wanita dan pria kelas atas yang sering bepergian.
· Urban Casual adalah koleksi yang ditujukan untuk yang lebih muda dan modis dan profesional yang mengikuti perkembangan teknologi.
· Men and Women’s Collections adalah koleksi yang di tujukan wanita yang suka gaya dan menghargai kualitas.
Alasan dalam membuka BUTIQUE SHOP, yaitu dengan memperhatikan pemasaran yaitu :
1. Perubahan gaya hidup.
2. Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.
3. Pandangan sebagian konsumen di butik ini lebih bergengsi serta dapat disesuaikan dengan selera.
1. Perubahan gaya hidup.
2. Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.
3. Pandangan sebagian konsumen di butik ini lebih bergengsi serta dapat disesuaikan dengan selera.
B. ANALISIS DALAM MEMULAI USAHA
1. Peluang
Target pasar butik ini akan mengikuti mode perkembangan busana baik mereka yang sudah berumah tangga maupun mereka yang masih lajang. Butik ini terdiri dari bermacam jenis, butik impor, butik wanita, butik murah, dan sebagainya bergantung barang apa nanti yang dijual. bisnis ini mempunyai peluang yang potensial Karena dunia fashion itu terus berkembang dan dinamis.
2. Memulai
Mulai dari perencanaan dan mencari tahu mode-mode yang sedang berkembang dan diminati masyarakat dan melihat siapa saja pesaing-pesaing dalam jenis ini. Butik akan disisi dengan barang-barang seperti butik import, butik murah, butik pria dan wanita.
3. Hambatan
Beberapa hambatan dan pesaing yang harus dipikirkan yaitu :
- Banyak artis-artis yang mempunyai modal besar dan memiliki bisnis butik yang besar.
- Terdapat butik-butik yang sudah terkenal.
- Banyak artis-artis yang mempunyai modal besar dan memiliki bisnis butik yang besar.
- Terdapat butik-butik yang sudah terkenal.
4. Strategi
Beberapa strategi usaha yang kami kembangkan yaitu :
· Miliki niat yang mantap dalam menjalankan BISNIS ini. Selain ini, keseriusan dan keuletan kamu tetap diperlukan.
· Melakukan promosi secara baik. seperti membuat kartu nama, brosur yang menarik, catalog barang-barang yang terbaik
· Memerikan pelayanan yaang memuaskan kepada konsumen.
· Menjaga kebersiham butik
· Membuat display yang menarik dan rapi.
· Membuat daftar harga yang jelas.
5. Lokasi
Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Adapun lokasi dibangunnya butik ini tepat dipinggir jalan raya yang sangat terang dan jelas dan terlihat dari jarak pandang orang yang mengendarai atau berada di dalam mobil. Dan di dalam butik ini harus yang terang benderang dan terlihat ada aktifitas dari jalan raya agar dapat menarik untuk konsumen agar datang dan menyempatkan waktu untuk mampir ke butik ini.
Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Adapun lokasi dibangunnya butik ini tepat dipinggir jalan raya yang sangat terang dan jelas dan terlihat dari jarak pandang orang yang mengendarai atau berada di dalam mobil. Dan di dalam butik ini harus yang terang benderang dan terlihat ada aktifitas dari jalan raya agar dapat menarik untuk konsumen agar datang dan menyempatkan waktu untuk mampir ke butik ini.
6. Jenis komoditi dan barang yang akan dijual.
Sumber barang dapat menjamin pasokan secara kontinyu agar ketika barang habis kita tidak kebingungan untuk memikirkan pasokan. Salah satunya yaitu dengan membuat atau memproduksi barang produk sendiri, Produksi sendiri memang jauh lebih rumit karena harus memikirkan penjahit, pengrajin dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.
7. Dekorasi
Dekorasi sangat berperan untuk memancing orang masuk ke dalam butik dan dekorasi yang impresif bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing orang untuk membeli. Pencahayaan yang kuat untuk memperindah warna-warna barang yang di pajang. Agar barang terlihat indah dan menarik pembeli. Mendekorasi dan display butik akan disesuaikan dengan target market dan tema yang eye catching seuai dengan barang dan strateginya. Display akan diganti secara berkala supaya yang melihatnya tidak bosan dan jadi ingin masuk terus untuk melihat apakah ada yang baru di dalam butik ini.
8. Promosi
· Advertsing
· Tempat berkumpul (seperti arisan, organisasi, dan lain-lain)
· Support dalam berbagai acara yang memiliki pengunjung banyak.
· Mengikuti pameran dan bazzar
· Surat kabar/majalah
9. Pegawai/karyawan
Para pegawai yang akan kami rekrut yaitu akan dipastikan terlebih dahulu agar tahu asal usul pegawai tersebut, sehingga jika terjadi suatu masalah kita tahu kemana harus mencari dan menuntutnya. Pastikan pegawai yang ramah dan penuh inisiatif, tersebut sudah di training etiket dan pengetahuan mode dan trend, happy, fun, smile dan berwibawa. Karena mencari pegawai ibarat mencari jodoh.
Beberapa pegawai akan di bagi untuk :
Beberapa pegawai akan di bagi untuk :
· Keuangan
· Karyawan stock
· Sales Assisten
· Marketing
· Pramuniaga
· Bagian administrasi merangkap kasir
Peralatan-peralatan standar paket usaha butik yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
· Beberapa barang untuk awal pembukaan
· Seragam untuk karyawan
· Pin untuk karyawan
· Banner
· Spanduk
· Brosur
10. Layanan
Beberapa layanan tambahan agar dapat menarik konsumen supaya betah dan kembali ke butik ini yaitu dengan memberikan layanan berupa pembungkusan kado, souvenir, sticker dan lain-lain.
C. STRATEGI DAN LANGKAH-LANGKAH MEMULAI USAHA
1. LOKASI & RUANG
a. Letak Lokasi
Berada dipinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, dan di pusat-pusat perniagaan.
Berada dipinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, dan di pusat-pusat perniagaan.
b. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.
Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.
c. Asumsi Kebutuhan Ruang
- Ruang display
- Ruang administrasi (kasir)
- Ruang duduk konsumen
- Ruang display
- Ruang administrasi (kasir)
- Ruang duduk konsumen
2. LINGKUP KERJA
Lingkup kerja meliputi :
Lingkup kerja meliputi :
a. Survey :
- Pemetaan pasar
- Persaingan
- Potensi
- Pemetaan pasar
- Persaingan
- Potensi
b. Sistem :
- Pembukuan sederhana
- Siklus kerja
- SOP (Prosedur Standar Operasi)
- Pembukuan sederhana
- Siklus kerja
- SOP (Prosedur Standar Operasi)
c. Pelatihan
- Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
- Pengendalian system
- Pemasaran
- Pengamanan & pengendalian usaha
- Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
- Pengendalian system
- Pemasaran
- Pengamanan & pengendalian usaha
3. PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK
Langkah-langkah dasar yaitu :
a. Penyusunan tim kerja
- Pimpinan proyek
- Disain interior
- Disain graphis
- Sistem dan keuangan
- Lapangan / pembelanjaan
- SDM
- Pemasaran
- Pimpinan proyek
- Disain interior
- Disain graphis
- Sistem dan keuangan
- Lapangan / pembelanjaan
- SDM
- Pemasaran
b. Penyusunan time schedule masing-masing bagian
- Time schedule perencanaan I
§ Gambar layout termasuk pengukuran
§ Gambar disain interior
§ Daftar barang belanjaan yang harus dibeli
- Time schedule perencanaan II
§ Penentuan nama & tagline usaha
§ Gambar disain neonbox / billboard
§ Gambar disain stand banner
§ Gambar disain spanduk atau alat promosi lain
§ Rancangan seragam dan perlengkapannya
§ Gambar lain yang diperlukan
- Time schedule untuk tempat dan barang
§ Batas waktu renovasi tempat
§ Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan diluar kontrak
- Time schedule pelaksanaan
§ Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui
§ Eksekusi disain graphis yang telah disetujui
§ Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak
§ Rekruitmen pegawai
§ Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja
§ Pelatihan karyawan
§ SOP keseluruhan
§ Pra promosi
§ Soft opening
§ Promosi
§ Grand opening
§ Pengawasan
c. Penyusunan Anggaran (Budgeting)
Anggaran yang ditetapkan meliputi :
- Anggaran pemesanan disain
- Anggaran transportasi dan akomodasi
- Anggaran pembelian barang.
Anggaran yang ditetapkan meliputi :
- Anggaran pemesanan disain
- Anggaran transportasi dan akomodasi
- Anggaran pembelian barang.
D. RINCIAN TUGAS
1. DISAIN INTERIOR
a. Gambar Layout
Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampak.
- Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai
- Menentukan posisi customer space
- Menentukan posisi ruang display
- Menentukan posisi kasir (meja admin)
- Menentukan posisi etalase
- Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)
- Tata lampu
- Kelistrikan
Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampak.
- Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai
- Menentukan posisi customer space
- Menentukan posisi ruang display
- Menentukan posisi kasir (meja admin)
- Menentukan posisi etalase
- Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape)
- Tata lampu
- Kelistrikan
b. Gambar Disain Interior
- Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase untuk men-display tas atau dompet, ram untuk menggantung tas, dan lain-lain)
- Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar
- Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung
- Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (meja kasir, etalase untuk men-display tas atau dompet, ram untuk menggantung tas, dan lain-lain)
- Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar
- Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung
2. DISAIN GRAPHIS
a. Gambar disain graphis
- Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan
- Menentukan disain logo usaha
- Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung
- Menentukan disain billboard / neonsign
- Menentukan disain seragam dan perlengkapannya
- Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan
- Menentukan disain logo usaha
- Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung
- Menentukan disain billboard / neonsign
- Menentukan disain seragam dan perlengkapannya
b. Desain kebutuhan administrasi
- Nota penjualan
- Kartu stock barang
- Petty cash reconciliation
- Catatan penjualan harian
- Nota penjualan
- Kartu stock barang
- Petty cash reconciliation
- Catatan penjualan harian
3. SISTEM DAN KEUANGAN
a. Menentukan prosedur penerimaan konsumen
b. Menentukan prosedur pelaksanaan kerja
c. Menentukan prosedur penerimaan pembayaran
d. Menentukan prosedur komplain konsumen
e. Menentukan prosedur komplain konsumen
f. Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay
g. Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan
h. Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya
4. PEMBELIAN DAN LAPANGAN
a. Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan
b. Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kontrak
c. Melakukan pembelian barang-barang
d. Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior
e. Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis
f. Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.
5. SDM (Sumber Daya Manusia)
a. Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan
b. Melakukan seleksi pegawai
c. Melakukan pelatihan pemahaman usaha
d. Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan
e. Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction
f. Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM
6. PEMASARAN
a. Menentukan strategi pemasaran pra operasi
b. Menentukan strategi pemasaran operasi
c. Menentukan strategi pemasaran pasca
7. PIMPINAN PROYEK
a. Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan
b. Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan
c. Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan
d. Mengeksekusi komplain tim proyek
E. SISTEM KERJA
Dilakukan shift kerja dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.
Prosedur Penanganan Pelanggan :
a. Penerimaan Pelanggan dilakukan oleh pramuniaga
b. Pelanggan diterima oleh pramuniaga dengan ramah.
c. Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia.
d. Menjawab dengan sopan dan memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen.
e. Jika konsumen berminat terhadap produk yang didisplay, pramuniaga wajib membantu mengambilkannya.
f. Pramuniaga mempersilahkan konsumen jika ingin mencoba.
g. Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen, bagian penerimaan pelanggan membuatkan nota.
h. Nota diserahkan kepada konsumen, dan konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.
F. KELEMAHAN MEMBUKA USAHA BUTIQUE
Kelemahan dan hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat usaha butik:
· Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka besar kecilnya penghasilan Toko Butik Anda sangat tergantung dari seberapa banyak orang yang membeli di Butik Shop Anda, semakin banyak semakin besar penghasilannya. Karena itu dibutuhkan kemauan kuat dan kerja keras serta semangat yang pantang menyerah terutama untuk mengatasi rasa malu dan takut gagal serta malas, karena Anda adalah bos dari diri Anda sendiri.
· Dapat mempersiapkan keahlian Anda agar cukup berkualitas untuk ditawarkan kepada pelanggan.
· Harus selalu meng-update pengetahuan Anda terhadap tren mode yang sedang in saat ini, serta belajar seluk beluk dunia Butik Wanita. Dalam tempat kursus tentunya Anda juga bisa sambil menambah relasi bisnis, berbagi pengetahuan dan menimba ilmu terutama dari mereka yang sudah lebih berpengalaman membuka Butik Murah. Butik Murah sangat terbuka peluangnya saat ini. Boutique Baju bisa jadi pilihan yang tepat.
· Mengenai strategi pemasarannya harus dapat meriset terhadap kebutuhan Baju Butik di lingkungan Anda.
· Harus dapat melakkan inovasi dalam pemasaran barang.
· Mengimbangi daya beli masyarakat sekitar
· Dapat meriset pangsa pasar yang akan diraih dan riset lokasi yang akan dijadikan tempat usaha.
· Dapat menyesuaikan produk dengan target pasar, sesuaikan harga jual dengan kualitas produk, mampu membaca selera pasar, harus ada produk unggulan, promosi produk (relasi, pelayanan pegawai, online), jalin relasi seluas-luasnya.
· Seorang pengusaha butik wajib Tertib administrasi usaha (admin. barang dan admin. keuangan) kemudian menambah keahlian (kursus menjahit, kursus manajemen kewirausahaan, kursus pembukuan,dll).
G. KEUNTUNGAN MEMBUKA USAHA BUTIQUE
· Memang butik berkaitan dengan wanita, pasarnya jauh lebih luas dari pada butik untuk pria. Karena wanita pada dasarnya lebih mementingkan penampilan. Banyak wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk urusan fashion, oleh karena itu, usaha bisnis butik akan selalu eksis dan sangat menjanjikan untuk dilakukan.
· Memulai usaha bisnis butik ternyata bisa menyalurkan hobi. Yah, hobi belanja, hobi jalan-jalan, hobi hang out bersama teman. Hobi-hobi kita bisa tersalurkan, tapi ada pemasukan yang bisa kita peroleh. Nikmat bukan?
· Memulai suatu usaha butik tidak selalu membutuhkan modal yang besar . Kita bisa memulai bisnis ini dari menjual produk fashion ke kerabat, teman-teman, ibu-ibu arisan, dll, sebelum kita memberanikan diri membuka butik.
· Selain itu, kita juga dapat mengeksplor kreatifitas yang ada didalam diri kita. Semakin banyak inovasi yang kita buat maka akan menjamin usaha butik ini akan semakin berjalan dengan baik. Karena tingkat kenerhasilan butik ini tertumpu pada sebuah karya yang trendy dan inovatif. Tim kreatif juga harus terus meng-update fashion-fashion yang sedang in di pasaran, agar pembeli pun semakin tertarik untuk berbelanja.
· Khusus nya bagi para wanita yang tidak ingin kehilangan style nya, mereka pasti akan mencari dimana outlet-outlet yang menjual baju, dress, dll yang sangat trendy. Maka dari itu jika usaha butik ini ingin berjalan lancer buatlah karya sekreatif dan seinovatif mungkin.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Kesimpulan dari kegiatan Praktek Kuliah Lapangan ( PKL ) ini tealah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Simpulan kegiatan ini adalah bahwa berwirausaha harus dikelola secara baik dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan demikian mepermudah dalam berwirausaha.
Saran
Berdasarkan kegiatan ini, disarankan :
Diperlukan adanya pembimbingan dalam kegiatan tersebut, karena selain untuk keefektifan praktek juga mempermudah setiap mahasiswa menangkap atau merespek dalam kegiatan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar